RESEP MEMBUAT CILOK KUAH ISI CERIA

Tau kan yang namanya Cilok? itu lho makanan khas dari Bandung yang terbuat dari Aci (tepung kanji/Tapioka) yang berbentuk bulat, dalam bahasa sunda merupakan singkatan dari aci-dicolok yang biasanya berisi jando/gajih (lemak daging), namun ada juga yang berisi ayam cincang, daging cincang sampai abon ..
Kali ini saya mau berbagi resep cilok beserta cara membuatnya, resep ini bermula dari komplain anakku yang mengeluh kalau makan cilok susah dikunyahnya ... akhirnya sebagai emak yg baik tercetus lah resep ini.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita langsung mulai saja.



Untuk adonan :
250 gram aci
250 gram terigu (aku pakai terigu tinggi protein)
garam secukupnya
air panas secukupnya (sampai adonan kalis)

Untuk kuah :
air panas untuk merebus (buat dua wadah, untuk merebus dan untuk kuah)
3 siung bawang putih, parut.
bawang daun secukupnya
garam secukupnya (bisa jg pakai penyedap masakan)

Untuk isian:
Bebas merdeka :D  sesuai selera
biasanya aku pakai telor puyuh, keju cheedar, sosis
tapi karena sebentar lagi puasa rasanya isi buah"an bisa jadi alternatif

Cara membuat :
1. Campur aci dan terigu lalu garam sampai tercamur rata
2. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hanya sampai kalis dan tidak lenket di tangan.
3. Siapkan air dlm panci, panaskan ... setelah panas baru mulai bentuk adonan bentik pipih, masukan isian lalu bulatkan, masukan dlm air lakukan terus sampai adonan habis, untuk ukurannya sih sesuai selera saja setelah mengapung sendiri dan air mendidih diamkan dlm air mendidih kira-kira 5-10 menit angkat dan tiriskan
4.  Siapkan air mendidih (diatas tungku) untuk kuah. setelah mau mendidih masukan bawang putih yg sudah diparut, masukan garam dan setelah bawang putih layu masukan bawang daun, matikan api.
5. Masukan cilok dalam kuah
6. Cilok siap disajikan

 TIPS : Kenapa disebut cilok ceria?. karena bentuk yg sama tetapi isian berbeda, biasanya sih suka dipake main tebak=tebakan cilok mana yg terambil, lumayan kan cilok tidak terlalu kenyal, bisa main tebak tebakan dan yang penting perut kenyang

Oke deh ibu-ibu ,teteh-teteh, mba'-mba' sekalian yang mau bikin cemilan seru .. silahkan mencoba resep dari saya, mudah-mudahan ada resep masakan lain yang menyusul.

Comments

Popular posts from this blog

MY NEW NORMAL

ARTI MAMA DIHATIKU

MISTERI DIBALIK AKU